Detail Cantuman Kembali
YUNITA LESTARI - Personal Name

Kandungan Mineral (Ca, Fe, P) Kerupuk Substitusi Tepung Tulang Ikan Gabus (Channa striata) Dengan Variasi Jumlah Seasoning Mix.

YUNITA LESTARI. Kandungan Mineral (Ca, Fe, P) Kerupuk Substitusi Tepung Tulang Ikan Gabus (Channa striata) Dengan Variasi Jumlah Seasoning Mix. Universitas Mulawarman, Fakultas Pertanian, 2022. (Di bawah bimbingan Yuliani dan Maulida Rachmawati)
Ikan gabus (Channa striata) merupakan jenis ikan yang bernilai ekonomis. Ikan gabus dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam proses pengolahan kerupuk ikan. Tulang ikan merupakan limbah dari sisa bahan hasil penggunaan daging ikan yang diolah menjadi produk makanan dengan cara diolah menjadi tepung tulang ikan. Tepung tulang ikan mengandung unsur penyusun tulang berupa kalsium, fosfor dan bahan yang mengandung nitrogen seperti asam amino. Kerupuk ikan adalah suatu produk pangan yang terbuat dari tepung tapioka, daging ikan, dan bumbu-bumbu tambahan lainnya. Untuk menambah kandungan mineral khususnya kalsium, zat besi, dan fosfor, maka perlu ditambahkan bumbu rempah, selain untuk menambah cita rasa juga dapat menambah nilai kandungan gizi mineral kerupuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan seasoning mix terhadap kandungan mineral (Ca, Fe, P) kerupuk substitusi tepung tulang ikan gabus.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dari bulan September sampai November 2021. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 6 taraf perlakuan dan masing masing dengan 3 kali ulangan. Parameter yang diuji adalah kandungan mineral kalsium (Ca), Zat Besi (Fe), dan Fosfor (P). Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan sidik ragam / (ANOVA). Data yang menunjukan pengaruh nyata pada perlakuan dilakukan dengan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf α 5%.
Jumlah seasoning mix (gula, garam, bawang putih bubuk, ketumbar bubuk, dan kaldu jamur) yang ditambahkan dengan perbandingan berat 5:3:2:2:1 sebanyak 0g hingga 15g pada kerupuk substitusi tepung tulang ikan gabus, memperngaruhi kandungan mineral kalsium, zat besi dan fosfor kerupuk ikan gabus. Semakin besar jumlah seasoning mix yang ditambahkan, maka semakin meningkatkan kadar kalsium dan kadar zat besi serta menurunkan kadar fosfor kerupuk ikan gabus.Penambahan seasoning mix dalam kerupuk ikan gabus yang disubstitusi tepung tulang ikan gabus dapat meningkatkan nilai gizi kerupuk ditinjau dari kandungan mineral Ca dan Fe nya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kandungan Mineral (Ca, Fe, P) Kerupuk Substitusi Tepung Tulang Ikan Gabus (Channa striata) Dengan Variasi Jumlah Seasoning Mix.
Pengarang YUNITA LESTARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUN k 2022
Subyek Channa striata, Kerupuk, Seasoning Mix
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua