Sistem Pakar Diagnosis Awal Tingkat Kecanduan Game Online Menggunakan Mesin Inferensi Forward Chaining dengan Metode Certainty Factor
Perkembangan internet di Indonesia tergolong sangat cepat dari tahun ke tahun, sehingga berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tingkat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II tahun 2020 mencapai 73,7% dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna dari total penduduk Indonesia. Sistem pakar adalah sistem yang merepresentasikan pengetahuan pakar kedalam bentuk digital pada komputer. Bobot gejala yang didapatkan berasal dari narasumber atau pakar diolah dan dikomputasikan menggunakan metode Certainty factor. Masalah kecanduan tergolong penyakit jiwa menurut International Council of Nurses (ICN), dan di Indonesia disebut Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK). Pada penelitian ini menggunakan 17 gejala dan 3 tingkatan kecanduan yang kemudian akan dikelompokkan dan direlasikan. Pengujian yang dilakukan untuk mengetahui akurasi diagnosis yang dihasilkan oleh sistem menggunakan metode Cerrtainty Factor. User akan mendapatkan hasil diagnosa sesuai dengan gejala yang dialami dan mendapatkan solusi sesuai dengan tingkatan gejala. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan hasil akhir diagnosis awal tingkat kecanduan game online oleh responden 1 sebesar 61% degan kategori sedang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Sistem Pakar Diagnosis Awal Tingkat Kecanduan Game Online Menggunakan Mesin Inferensi Forward Chaining dengan Metode Certainty Factor |
---|---|
Pengarang | Reski Harisma Dewi Barkah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RES s 2022 |
Subyek | Sistem Pakar, Kecanduan Game Online, Forward Chain |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY