Detail Cantuman Kembali
JULIO PARASSA - Personal Name

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL KULIT BUAH NYIRI (Xylocarpus granatum) TERHADAP ISOLAT BAKTERI DARI INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Xylocarpus granatum atau dikenal nyiri adalah salah satu jenis tanaman mangrove yang memiliki potensi kandungan bioaktif dan tumbuh subur di kawasan pesisir pantai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan bioaktif dan aktivitas antibakteri yang terdapat pada ekstrak metanol kulit buah nyiri terhadap isolat bakteri dari insang ikan nila. Perlakuan yang digunakan ialah ekstrak metanol kulit buah nyiri konsentrasi 100 ppm, 500 ppm, 1000 ppm, kontrol positif kloramfenikol dan kontrol negatif akuades steril. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian fitokimia, pengujian daya hambat dengan metode agar disc diffusion (ADD), dan pengujian minimum inhibitor concentration (MIC). Hasil menunjukkan bahwa ekstrak metanol kulit buah nyiri memiliki aktivitas antibakteri terhadap isolat bakteri insang ikan nila. Hasil pengujian daya hambat menunjukkan diameter terbesar terdapat pada konsentrasi 1000 ppm. Hasil pengujian MIC menunjukkan konsentrasi terkecil yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri adalah konsentrasi 40 ppm.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL KULIT BUAH NYIRI (Xylocarpus granatum) TERHADAP ISOLAT BAKTERI DARI INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus)
Pengarang JULIO PARASSA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JUL a 2022
Subyek Bakteri insang ikan nila
difusi agar cakram (ADD)
konsentrasi hambat minimum (MIC)
kulit buah nyiri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Teknologi Hasil Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua