PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMAN 11 SAMARINDA
Eka Andany Hutabarat, 2019. Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa Kelas X SMAN 11 Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Sudarman, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Drs. Kadori Haidar, MM selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan model Mind Mapping pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMAN 11 Samarinda tahun 2019/2020, Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model Mind Mapping dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 11 Samarinda, Pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 11 Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperinen dengan menggunakan desain penelitian Posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Samarinda. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 11 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel kelas X Sosial 1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Sosial 2 yang berjumlah 38 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan teknik dokumentasi, wawancara, tes dan angket respon siswa.Teknik Analisis Data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji Hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dilaksanakan selama 4 kali pertemuan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dan pada pertemuan akhir pemberian tes berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Dengan secara statistik menujukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 98,50 dan keas kontrol sebsear 87,64. Analisis data melalui uji t, diperoleh thitung sebesar 5,931 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 76 sebesar 1,991. Karena t-hitung lebih besar dari pada t-tabel. Dengan demikian, dapat di simpulkan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan dalam mata pelajaran Ekonomi pada materi pokok bahasan keseimbangan pasar dan struktur pasar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMAN 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | EKA ANDANY HUTABARAT - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI EKA p 2021 |
Subyek | Model Mind Mapping, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN EKONOMI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY