Detail Cantuman Kembali
FITRI NUR HIDAYAH - Personal Name

PERAN ORANG TUA & GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM ALKAUTSAR SAMARINDA (PENELITIAN DI MASA PANDEMI COVID-19)

Fitri Nur Hidayah, 2020, Peran Orangtua dan Guru dalam Pembelajaran Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di TK Islam AlKautsar Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan oleh Dr. Hasbi Sjamsir,M.Hum selaku Pembimbing 1 dan Dr. Malpaleni Satriana, M.Pd. selaku Pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) Peran Orangtua dan Guru dalam Pembelajaran Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di TK Islam AlKautsar Samarinda selama masa BDR dan (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembelajaran Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di TK Islam Al-Kautsar Samarinda selama masa BDR. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan perekaman data pada penelitian ini melalui: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan model interactive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orangtua sebagai pembimbing dan fasilitator diketahui dari tiga orangtua yang bersedia yaitu Ibu serta guru berperan sebagai desainer dan fasilitator pembelajaran mengenal huruf selama masa pandemi COVID-19 yang terbatas dan (2) faktor pendukung pembelajaran mengenal huruf yakni persepsi orangtua bahwa bermain adalah cara anak belajar, sarana prasarana memadai untuk pembelajaran dan persespi guru materi pembelajaran mengnal huruf pada anak usia 4-5 tahun yakni huruf vocal. Adapun faktor penghambat pembelajaran mengenal huruf yaitu tidak bersedia partisipasi ayah karena bekerja penuh dan materi pembelajaran mengenal huruf yang disederhanakan untuk anak belajar di rumah bersama orangtua. Berdasarkan uraian hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa peran orangtua dan guru dalam pembelajaran mengenal huruf masih menggambarkan keterbatasan karena kurangnya partisipasi ayah selama kegiatan penelitian berlangsung.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN ORANG TUA & GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM ALKAUTSAR SAMARINDA (PENELITIAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
Pengarang FITRI NUR HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT p 2020
Subyek Anak Usia 4-5 Tahun
pembelajaran mengenal huruf.
peran guru, peran orangtua
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua