Detail Cantuman Kembali
Karmila Nur Safitri - Personal Name

Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan abad 21 yang ditentukan oleh kemampuan berpikir kreatif siswa dan kurang maksimalnya dalam mengembangkan LKPD. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana kevalidan dan kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air? dan bagaimana pengaruh LKPD tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air dan mengatahui pengaruh LKPD tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall, yang dilaksanakan melalui delapan tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) pengembangan LKPD (4) validasi LKPD (5) revisi LKPD (6) ujicoba kelompok kecil (7) revisi lanjutan (8) ujicoba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dokumentasi dan lembar tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan skala 5 untuk penilaian kevalidan dan kelayakan LKPD sedangkan N-Gain Score untuk penilaian lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini adalah LKPD berbasis STEM yang telah dilakukan penilaian kevalidan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4.93 dan ahli media dengan rata-rata skor 4.88 dengan kriteria “Sangat Valid”. Pada ujicoba kelompok kecil sebanyak 10 siswa dengan hasil rata-rata skor 4.19 dengan kriteria “Baik” dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dengan uji nilai N-Gain memperoleh skor 0.71 dengan kriteria “Tinggi”, lalu pada kelompok besar tanpa revisi lanjutan sebanyak 26 siswa dengan hasil rata-rata skor 4.24 dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif kelompok besar dengan uji nilai N-Gain memperoleh skor 0.74 dengan kriteria “Tinggi”. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM materi siklus air pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu hasil pengembangan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu
Pengarang Karmila Nur Safitri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KAR p 2022
Subyek Pengembangan, LKPD, STEM, Berpikir Kreatif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua