Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan abad 21 yang ditentukan oleh kemampuan berpikir kreatif siswa dan kurang maksimalnya dalam mengembangkan LKPD. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana kevalidan dan kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air? dan bagaimana pengaruh LKPD tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air dan mengatahui pengaruh LKPD tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall, yang dilaksanakan melalui delapan tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) pengembangan LKPD (4) validasi LKPD (5) revisi LKPD (6) ujicoba kelompok kecil (7) revisi lanjutan (8) ujicoba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dokumentasi dan lembar tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan skala 5 untuk penilaian kevalidan dan kelayakan LKPD sedangkan N-Gain Score untuk penilaian lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini adalah LKPD berbasis STEM yang telah dilakukan penilaian kevalidan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4.93 dan ahli media dengan rata-rata skor 4.88 dengan kriteria “Sangat Valid”. Pada ujicoba kelompok kecil sebanyak 10 siswa dengan hasil rata-rata skor 4.19 dengan kriteria “Baik” dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dengan uji nilai N-Gain memperoleh skor 0.71 dengan kriteria “Tinggi”, lalu pada kelompok besar tanpa revisi lanjutan sebanyak 26 siswa dengan hasil rata-rata skor 4.24 dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif kelompok besar dengan uji nilai N-Gain memperoleh skor 0.74 dengan kriteria “Tinggi”. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM materi siklus air pada siswa kelas V SDN 004 Samarinda Ulu hasil pengembangan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SDN 004 Samarinda Ulu |
---|---|
Pengarang | Karmila Nur Safitri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KAR p 2022 |
Subyek | Pengembangan, LKPD, STEM, Berpikir Kreatif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY