Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Penguasaan Materi IPA Tentang Konsep Perubahan Bentuk Energi Pada Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Warda Rasidah, 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Penguasaan Materi IPA Tentang Konsep Perubahan Bentuk Energi Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong. Pembimbing I Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si. dan Pembimbing II Erna Suhartini, M.Pd.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Penguasaan Konsep Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong dalam menguasai konsep pembelajaran IPA hal ini berdasarkan hasil belajar IPA pada dokumen penilaian guru dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru bahwa 55% dari 177 jumlah siswa memiliki nilai 60 dimana masih di bawah Kriteria Ketentuan Minimal (KKM) yaitu 70.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap penguasaan materi IPA tentang konsep perubahan bentuk energi pada siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat populasi sebanyak 177 siswa, terpilih kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruhnya 59 siswa. Intrumen penelitian terdiri dari lembar pretest dan posttest, catatan-catatan yang mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-T.
Hasil uji hipotesis menggunakan uji-T menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 59 sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Sehingga berdasarkan uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap penguasaan materi IPA tentang konsep perubahan bentuk energi pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Penguasaan Materi IPA Tentang Konsep Perubahan Bentuk Energi Pada Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tenggarong |
---|---|
Pengarang | Warda Rasidah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WAR p 2022 |
Subyek | Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY