Pengaruh Brand Travel Kangaroo Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi (Studi Empiris pada Pengguna Transpotrasi Tujuan Samarinda-Balikpapan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang begitu pesat pada saat ini apakah penggunaan jasa trasportasi masih diminati oleh para konsumennya, apalagi dapat mewujudkan rasa loyalitas terhadap suatu brand tertentu terlebih lagi terdapat banyak pesaing yang menawarkan jasa yang sama dengan fasilitas yang didapatkan juga tidak berbeda jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari brand Travel Kangaroo terhadap loyalitas pengguna jasa trasnportasi. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai brand dan loyalitas serta pengaruh antara brand Tavel Kangaroo terhadap loyalitas pengguna jasa transportasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh Pengguna jasa trasnportasi pada saat penelitian berlangsung dengan kriteria tertentu pada Travel Kangaroo. Teknik pengambilan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand (X), dan variabel dependen adalah loyalitas (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kondisi pada Travel Kangaroo menunjukan terdapat (96,9%) adalah pengguna yang selalu menggunakan jasa transportasi. Dengan mayaroritas pengguna jasa trasportasi dengan status pekerjaan karyawan swasta (58,8%) dan rentanan usia diatas 31 tahun (49.5%). Dilihat dari dimensi pada brand diperoleh nilai rata-rata 428,85 dan loyalitas pelanggan diperoleh nilai rata-rata 163. Dan hasil penelitian ini berdasarkan besarnya nilai pengaruh variabel X (brand) terhadap variabel Y (loyalitas) pada uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 6,475 sedangkan t tabel pada tingkat derajat kebebasan 95 diperoleh nilai sebesar 1,985 dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 6,475 > 1,985. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh variabel X (brand) terhadap variabel Y (loyalitas) dapat diterima.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Brand Travel Kangaroo Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi (Studi Empiris pada Pengguna Transpotrasi Tujuan Samarinda-Balikpapan) |
---|---|
Pengarang | Yusuanike Nursandi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUS p 2022 |
Subyek | Brand, Loyalitas Pelanggan. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY