Detail Cantuman Kembali
HENDRI KUSWANTO - Personal Name

INVENTARISASI JENIS DIPTEROCARPACEAE PADA DUA TEMPAT BERBEDA DI HUTAN LINDUNG WEHEA KECAMATAN MUARA WAHAU KABUPATEN KUTAI TIMUR

ABSTRAK

Hendri Kuswanto. Inventarisasi Jenis Dipterocarpaceae pada dua tempat berbeda di Hutan Lindung Wehea Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Dibimbing oleh Bapak Sutedjo dan Ibu H. Hastaniah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dari famili Dipterocarpaceae pada dua tempat berbeda, yaitu pada habitat sekitar sungai dan perbukitan, serta bertujuan memberikan informasi keberadaan beberapa marga dan jenis yang ada di Hutan Lindung Wehea yang harus dilindungi dan kelak akan menjadi sumber benih demi keberlangsungan hidup vegetasi jenis Dipterocarpaceae.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan membuat plot seluas 1 ha pada masing-masing lokasi pengamatan dan ditempatkan dalam jalur sepanjang 500 meter dengan anak petak pada sisi kiri dan kanan jalur berukuran 20 x 20 meter berjumlah 25 petak, penempatan plot pengamatan pada sekitar sungai dan punggung bukit.
Jenis-jenis dalam famili Dipterocarpaceae yang terdapat pada plot 1 (S. Sekung) berjumlah 6 marga, 17 jenis, dari 69 individu. Pada plot 2 (Mess) terdapat 5 marga, 19 jenis, dari 62 individu. Terdapat 7 dari 9 marga dalam famili Dipterocarpaceae yang ada di Pulau Kalimantan yang terdiri dari marga Anisoptera, Dipterocarpus, Dryobalanops, Hopea, Parashorea, Shorea, Vatica.
Jenis-jenis yang mendominasi pada plot 1 Shorea pinanga P.S. Ashton (86,50%), Shorea leprosula Miq. (58.62%), Shorea macrophylla (de Versie) P.S. Ashton. (38,04%), Anisoptera costata Korth. (21,65%), Shorea ovalis (Korth.) Blume. (14,71%). Pada plot 2 Shorea leprosula Miq. (143,55%), Shorea ovalis (Korth.) Blume. (29,07%), Dryobalanops becarii Dyer. (17,68%), Hopea mengerawan Miq. (14,29%), Dryobalanops oblongifolia Dyer. (10,71%).
Nilai Indeks Keanekaragaman jenis pada lokasi pengamatan pertama plot
1 (S. Sekung) dengan nilai sebesar 2,29 lebih tinggi dari nilai Indeks Keanekaragaman Jenis lokasi pengamatan ke dua plot 2 (Mess) dengan nilai sebesar 1,87.
Jarak lapang antara ke dua lokasi pengamatan berjarak ± 13 kilo meter, dengan Kesamaan jenis antara plot 1 dan plot 2 adalah sebesar 44,44% dari seluruh jenis yang ditemukan dalam ke dua lokasi pengamatan berjumlah 131.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul INVENTARISASI JENIS DIPTEROCARPACEAE PADA DUA TEMPAT BERBEDA DI HUTAN LINDUNG WEHEA KECAMATAN MUARA WAHAU KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang HENDRI KUSWANTO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua