Detail Cantuman Kembali
Rizka Rini Wahyuni - Personal Name

Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Tigaron (Crateva religiosa) sebagai Antibakteri Propionibacterium acnes Penyebab Jerawat (Sebagai Penunjang Sumber Belajar Materi Bakteri Kelas X SMA/MA Sederajat)

Rizka Rini Wahyuni, 2022. Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Tigaron (Crateva religiosa) sebagai Antibakteri Propionibacterium acnes Penyebab Jerawat (Sebagai Penunjang Sumber Belajar Materi Bakteri pada Pelajaran Biologi Kelas X SMA/MA Sederajat). Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Jailani, M.Si selaku pembimbing I dan Masitah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol daun tigaron (C. religiosa) sebagai antibakteri P.acnes penyebab jerawat dan untuk mengetahui berapa konsetrasi ekstrak etanol daun tigaron (C. religiosa) yang paling baik dalam menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian true experimental dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Metode yang digunakan dalam penelitian metode disk diffusion (tes Kirby and Bauer) untuk mengetahui daya hambat ekstrak etanol daun tigaron (C.religiosa) terhadap pertumbuhan bakteri P.acnes. Analisis data yang digunakan yaitu one way anova. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil 1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemberian ekstrak etanol daun tigaron (C.religiosa) sebagai antibakteri P.acnes penyebab jerawat dimana Fhitung untuk perlakuan sebesar (27.291) > Ftabel (4.49) maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) konsentrasi ekstrak etanol daun tigaron (C.religiosa) yang paling baik dalam menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes dalam penelitian ini adalah perlakuan konsentrasi 100% sebesar 0,7 mm.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Tigaron (Crateva religiosa) sebagai Antibakteri Propionibacterium acnes Penyebab Jerawat (Sebagai Penunjang Sumber Belajar Materi Bakteri Kelas X SMA/MA Sederajat)
Pengarang Rizka Rini Wahyuni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIZ a 2022
Subyek Aktivitas, Ekstrak Etanol Daun Tigaron, Antibakter
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua