Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023 SMA Negeri 5 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 87 siswa kelas XII IPA 4,5 dan 6 di SMA Negeri 5 Samarinda. Data didapatkan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 5,942 > ttabel = 1,662 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0,293 artinya motivasi belajar berpengaruh sebesar 29,3% terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sedangkan sisanya 70,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023 SMA Negeri 5 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Yuliana Mira Baantasik - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUL p 2022 |
Subyek | Motivasi belajar, minat melanjutkan studi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY