Detail Cantuman Kembali
Sharina Farizki Al Tasya - Personal Name

Peramalan Menggunakan Model Generalized Space Time Autoregressive (Studi Kasus: Data Indeks Harga Konsumen Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Banjarmasin Tahun 2014-2019)

Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan indikator yang paling sering digunakan untuk mengukur tingkat inflasi. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat. IHK antar kota yang berdekatan dimungkinkan mempunyai keterkaitan antar lokasi, tercermin oleh adanya hubungan saling ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) merupakan salah satu model runtun waktu yang digunakan untuk memodelkan dan meramalkan data yang memiliki keterkaitan runtun waktu dan lokasi (space time). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model GSTAR yang terbaik dan hasil peramalan untuk IHK Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Banjarmasin. Estimasi parameter dilakukan menggunakan Ordinary Least Square (OLS) dengan pembobot invers jarak dan normalisasi korelasi silang. Rata-rata nilai MAPE sebesar 0,389% menunjukkan bahwa model GSTAR (1;1)I(1) dengan pembobot normalisasi korelasi silang lebih baik digunakan untuk meramalkan IHK Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Banjarmasin. Hasil peramalan data IHK untuk ketiga kota tersebut dari Januari 2020 hingga Desember 2020 secara umum mengalami kenaikkan setiap bulannya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peramalan Menggunakan Model Generalized Space Time Autoregressive (Studi Kasus: Data Indeks Harga Konsumen Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Banjarmasin Tahun 2014-2019)
Pengarang Sharina Farizki Al Tasya - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SHA p 2022
Subyek Peramalan
Indeks Harga Konsumen
GSTAR
invers jarak
normalisasi korelasi silang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua