Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Creator Pada Materi Instalasi Trixbox Di Kelas XI SMK Purnama 1 Sendawar Kutai Barat
Fierre Richo Ramadhan Saputra, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan Kodular Creator pada Materi Instalasi Trixbox Di Kelas XI SMK Purnama 1 Sendawar Kutai Barat Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbing oleh (1) Dr.Haeruddin, M.Si. dan (2) Eko Subastian, S.Pd, M.Kom.
Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi (IPTEK) telah membawa perubahan yang sangat penting terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, termasuk di dunia pendidikan. Saat ini banyak media pembelajaran teknologi yang bisa digunakan oleh guru, salah satunya adalah media android. Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan materi instalsi trixbox kelas XI di SMK Purnama 1 Sendawar Kutai Barat belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi/masih monoton dengan media ceramah sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran tersebut, menambah motivasi belajar siswa dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation, namun dalam pengembangan ini peneliti menggunakan 4 tahap saja yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation. Instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi/tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Purnama 1 Sendawar dengan melibatkan 20 responden pada bulan Juni sampai Juli 2022 untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android ini. Data yang dikumpulkan melalui metode angket kemudian dilakukan analisis data skala likert interval 1 sampai 5 dengan mengubah rata – rata hasil skor kedalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan: 1) Menghasilkan produk media android yang menarik, berbasis teknologi dan sesuai dengan kebutuhan siswa pada perkembangan zaman ini. 2) Produk dikembangankan melalui pertama, analisis kebutuhan. Kedua, mendesain media pembelajaran dengan storyboard media android yang telah disusun. Ketiga, pengembangan media android kemudian validasi ahli media dan ahli materi/praktisi pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yaitu guru SMK Purnama 1 Sendawar. Keempat, implementasi kepada 20 siswa di kelas XI. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Produk media pembelajaran berbasis android pada materi instalsi trixbox untuk siswa kelas XI yang memiliki fitur petunjuk penggunaan, materi pembelajaran, video pembelajaran, dan latihan soal. (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi instalasi trixbox untuk siswa kelas XI oleh ahli media diperoleh rata – rata keseluruhan sebesar 82,4% dengan kategori “Sangat Layak”, oleh ahli materi diperoleh rata – rata keseluruhan sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”, dan pengujian oleh siswa diperoleh rata – rata keseluruhan sebesar 89,3% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sangat layak digunakan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Creator Pada Materi Instalasi Trixbox Di Kelas XI SMK Purnama 1 Sendawar Kutai Barat |
---|---|
Pengarang | Fierre Richo Ramadhan Saputra - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIE p 2022 |
Subyek | Pengembangan media pembelajaran berbasis android p |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Komputer |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY