Studi Peran Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa melalui Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Melak
Apriyadi Saputra Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganeragaraan Universitas Mulawarman. Studi Peran Guru Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Melalui Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn dan penerapan nilai nilai karakter melalui pelajaran PPKn di SMPN 1 Melak.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2202. Teknik Pengumpulan data menggunakan Wawancara, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi data.
Hasil Penelitian menunjukan peran guru dalam menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih baik lagi serta bertumbuhnya karakter pada siswa itu. Peran yang termasuk adalah sebagai teladan, motivator dan fasilitator. Nilai-nilai karakter yang diterapkan kepada siswa yaitu gemar membaca, rasa ingin tahu, dan disiplin.
Penelitian ini diketahui bahwa guru PPKn sudah melaksanakan perannya dengan baik untuk memberikan karakter yang bagus untuk siswanya yang gemar membaca, memiliki rasa ingin tahu dan disiplin.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Peran Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa melalui Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Melak |
---|---|
Pengarang | Apriyadi Saputra - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI APR s 2022 |
Subyek | Guru, Keteladanan, Motivator, Fasilitator, Pendidikan Karakter. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY