Hubungan Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA nEGERI 5 Samarinda
Kelengkapan sarana dan prasarana dapat menjadi faktor penting dalam menentukan apakah sebuah sekolah layak dikatakan ideal. Sarana dan prasarana sangat penting dalam menunjang pembelajaran, apabila kurang memadai dapat membuat berlangsungnya proses belajar mengajar kurang maksimal. Tujuan penelitian ini mengetahui sarana prasarana, hasil belajar, dan signifikansi hubungan antara sarana prasarana dan hasil belajar di SMA Negeri 5 Samarinda. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 74 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang semua informasi atau data diwujudkan dalam bentuk angka analisisnya berdasarkan analisis statistik menggunakan aplikasi IBM SPSS 25.0 for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sarana parasarana belajar ke las XI IPS 1 dan IPS 2 dalam kategori baik dan (2) Hasl belajar siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 mencapai KKM 75 atau dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Samarinda. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,709 > 0,1901) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,05 < 0,000) berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA nEGERI 5 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Savitry A. Mayasari Sitinjak - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAV h 2022 |
Subyek | Sarana Prasarana, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY