Detail Cantuman Kembali
Lilis Anggun Riana - Personal Name

PERAN KEPALA SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG

Lilis Anggun Riana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PPKn di SMA Negeri 1 Tenggarong. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Warman, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Novita Majid, M.Pd sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PPKn di SMA Negeri 1 Tenggarong
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru PPKn, dan Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong. Teknik analisis data menggunakan model miles and huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn kepala sekolah melakukan peranya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn dalam proses pembuatan perangkat pembelajaran, melakukan supervisi dalam peningkatan kompetensi pedagogik, membantu guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran. (2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PPKn yaitu masih lemahnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan para guru seperti guru yang belum menguasai program microsoft excel untuk membuat data siswa lebih efektif. (3) Upaya peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di SMA Negeri 1 Tenggarong sudah cukup baik walaupun kepala sekolah masih belum bisa melaksanakan secara optimal. Kepala sekolah juga bertanggung jawab menangani permasalahan yang ada. Kepala sekolah melakukan upaya pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran, pendekatan dan pembinaan serta pengembangan profesi guru melalui pelatihan berkelanjutan.

Kata kunci: Kepala sekolah, Pemimpin pembelajaran, Pedagogik Guru

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KEPALA SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG
Pengarang Lilis Anggun Riana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LIL p 2022
Subyek KEPALA SEKOLAH,
PEMIMPIN PEMBELAJARAN,
PEDAGOGIK GURU,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua