Detail Cantuman Kembali
Maria Josebia Pangestuti - Personal Name

Karakteristik Tajuk dari Jenis dan Kelompok Jenis Pohonpada Ekosistem Mangrove berdasarkan Foto Udara Drone di Tanjung Una Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Maria Josebia Pangestuti, 2022. Karakteristik Tajuk dari Jenis dan Kelompok Jenis Pohon pada Ekosistem Mangrove berdasarkan Foto Udara Drone di Tanjung Una, Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Iya Setyasih, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Y Budi Sulistioadi, S. Hut, M.Sc, M.S., Ph.D. selaku dosen pembimbing II.
Tanjung Una merupakan suatu wilayah yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara. Wilayah ini didominasi oleh hutan mangrove primer dan hutan mangrove sekunder, yang dibedakan lagi menjadi hutan mangrove kerapatan tinggi, hutan mangrove kerapatan sedang, serta dengan asosiasi vegetasi hutan lainnya sehingga memiliki jenis keanekaragaman hayati yang tinggi. Foto Udara yang dihasilkan oleh drone menjadi salah satu alat yang efektif dan efisien untuk kegiatan inventarisasi, khususnya jenis vegetasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis vegetasi, karakteristik bentuk tajuk jenis vegetasi, dan seberapa kuat pengaruh diameter jenis vegetasi terhadap luas tajuk hasil interpretasi pada ekosistem mangrove berdasarkan foto udara di Tanjung Una. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif-Deskriptif, yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik individu atau kelompok dari nilai yang diperoleh, dan dalam pengumpulan data menggunakan teknik Purposive Sampling yang dipadukan dengan metode pengukuran lapangan (Ground Check) dan perolehan data foto udara drone secara sekunder.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 jenis vegetasi yang diperoleh berdasarkan foto udara drone, dengan karakteristik kunci interpretasi yang relatif tidak jauh berbeda, diantaranya rentang rona dan warna dari hijau gelap hingga hijau terang, bertekstur halus hingga kasar, berpola mengelompok (membentuk tegakan) hingga soliter, rata-rata bentuk tajuk cenderung memanjang dengan kenampakan tajuk seperti bintang hingga berstrata, dan relatif terdapat pada situs air payau dengan karakteristik tanah alluvial dan masih dipengaruhi oleh faktor pesisir, berasosiasi dengan vegetasi darat, serta memiliki keterkaitan atau hubungan yang positif antara ukuran diameter pohon setinggi dada terhadap luas tajuk hasil interpretasi dengan nilai kontribusi atau pengaruh sebesar 35.1% dan 64.9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Karakteristik Tajuk dari Jenis dan Kelompok Jenis Pohonpada Ekosistem Mangrove berdasarkan Foto Udara Drone di Tanjung Una Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur
Pengarang Maria Josebia Pangestuti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR k 2022
Subyek Foto Udara Drone, Jenis Vegetasi,
Mangrove, Tajuk, Tanjung Una
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Geografi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua