Detail Cantuman Kembali
Rohmah, Nadhilah Ainur - Personal Name

Formulasi dan Evaluasi Sediaan Tablet Effervescent Berbahan Aktif Ekstrak Berbasis Green Solvent dari Herba Suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth)

Herba suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth) adalah tanaman gulma beragam khasiat yang banyak belum dimanfaatkan serta memiliki kadar polifenol yang tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pengobatan antihipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan herba suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth) menjadi bentuk sediaan tablet effervescent yang memiliki keunggulan bentuk sediaan yang menarik serta mudah dikonsumsi bagi siapapun. Tablet effervescent berbahan aktif alami herba suruhan diekstraksi dengan metode Microwave-assisted Extraction (MAE) menggunakan pelarut Natural Deep Eutectic Solvent (NADES) asam laktat-sukrosa (2:1) yaitu pelarut edible sebagai alternatif dari pelarut konvensional. Kadar polifenol ekstrak NADES herba suruhan yang tertinggi yaitu 0,7292 mgGAE/g. Tablet effervescent ekstrak NADES herba suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth) dibuat 4 variasi formula dengan kadar ekstrak F1 (3%), F2 (5%), F3 (7%) dan F4 (9%). Hasil evaluasi bentuk sediaan bundar, berwarna putih sampai coklat, beraroma khas ekstrak dan memiliki rasa yang asam. Sediaan tablet effervescent ekstrak NADES herba suruhan yang dihasilkan memiliki bobot yang seragam dan ukuran yang seragam, kekerasan tablet 4,24-4,84 kg, kadar air 6,93-10,79%, waktu larut 1,38-1,52 menit dan pH 6,37-6,65. Maka, dapat disimpulkan bahwa formulasi tablet effervescent memenuhi persyaratan rata-rata karakteristik fisik sediaan tablet effervescent

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Formulasi dan Evaluasi Sediaan Tablet Effervescent Berbahan Aktif Ekstrak Berbasis Green Solvent dari Herba Suruhan (Peperomia pellucida L. Kunth)
Pengarang Rohmah, Nadhilah Ainur - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAD f 2022
Subyek Natural Deep Eutectic Solvent (NADES)
Kadar polifenol,
Microwave-assisted Extraction (MAE),
Peperomia pellucida L. Kunth, Tablet Effervescent
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan S1 Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua