Detail Cantuman Kembali
MUSDALIFAH - Personal Name

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Midn Mapping Tema 5 Subtema 2 Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN 012 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2021/2022

Musdalifah, 2022. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Tema 5 Subtema 2 Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN 012 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2021/2022. Dosen Pembimbing Ibu Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si., sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Drs. Benyamin Matius, M.Pd., sebagai dosen pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe mind mapping, untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe mind mapping, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung di dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas III SDN 012 Samarinda Ilir.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pelaksaan penelitian ini dilakukan di SDN 012 Samarinda Ilir. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas III. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe mind mapping pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 012 Samarinda Ilir, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan memberikan motivasi belajar pada siswa. Hal tersebut dapat diamati pada pengamatan pelaksanaan pembelajaran pertemuan ke II. Dari hasil pengamatan pertemuan ke II ini dapat terlihat setiap perubahan yang terjadi dalam langkah-langkah pembelajaran menggunakan model Kooperatif tipe mind mapping. Perubahan yang diperoleh tersebut adalah yang mana telah berkembangnya serta timbulnya minat dan partisipasi belajar siswa, berkembangnya keterampilan berbicara dan mendengarkan siswa, dan kemampuan siswa dalam kerjasama. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe mind mapping pada proses belajar mengajar yang dilakukan di SDN 012 Samarinda Ilir telah terlaksana dengan baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Midn Mapping Tema 5 Subtema 2 Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN 012 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang MUSDALIFAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUS i 2022
Subyek Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif,
Mind Mapping, Bahasa Indonesia, Tema 5 Subtema 2.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Perndidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua