Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid
Irin Ubang, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nurlaili, M.P.selaku pembimbing I dan Sukemi, S.Pd., M.Sc. selaku pembimbing II.
Berdasarkan hasil PISA, kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia berada pada kategori rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains peserta didik pada materi sistem koloid. Desain dari penelitian adalah Post-test Only Control Group Design Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 16 Samarinda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata berdasarkan literasi sains kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol berturut-turut yaitu 78,03 dan 73,92. Hasil analisis data dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) pada taraf signifikan 5% sebesar 0,031 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains peserta didik pada materi sistem koloid.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid |
---|---|
Pengarang | Irin Ubang - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IRI p 2022 |
Subyek | Pembelajaran Berbasis Masalah, Literasi Sains dan Sistem Koloid |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY