Detail Cantuman Kembali
M. BAYU ISWAHYUDI - Personal Name

pemetaan kualitas tanah menurut tipe penggunaan lahan di desa tepian baru kecamatan bengalon kabupaten kutai timur

Kualitas tanah adalah kapasitas tanah yang berfungsi mempertahankan produktivitas tanaman, mempertahankan dan menjaga ketersediaan air serta mendukung kegiatan manusia. Kualitas tanah yang baik akan mendukung kerja fungsi tanah sebagai media pertumbuhan tanaman, mengatur dan membagi aliran air dan menyangga lingkungan yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas tanah menurut tipe penggunaan lahan, dilakukan survey lapangan, pengambilan sampel, dan analisis tanah serta data untuk menentukan kelas kualitas tanah. Dari hasil olah data kualitas tanah tersebut akan dirangkum kedalam satu informasi berbasis komputer yang bereferensi geografis.
Penelitian ini dilakukan di Desa Tepian Baru Kecamatan Bengalon serta analisis tanah dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dari bulan Maret sampai Juni 2021. Survei dan pengambilan sampel lapangan di lakukan setelah mendapatkan peta penggunaan lahan yang dibuat berdasarkan hasil perekaman citra satelit tahun 2020 dan 2021. Pengambilan sampel di lakuakan secara acak yang telah ditentukan berdasarkan pertimbangan peta kelas lereng, sampel di analisis dalam Laboratorium Tanah Faperta Unmul. Analisis data menggunakan metode komparatif atau perbandingan dengan tabel penilaian factor pembatas dan bobot relatif Minimum Data Set.
Hasil interpretasi citra satelit Desa Tepian Baru memiliki 8 tipe penggunaan lahan, namun hanya 7 penggunaan lahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Penggunaan lahan tersebut adalah pemukiman, badan perairan, hutan sekunder, perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit, kebun campuran, lahan terbuka, dan semak belukar. Penelitian ini menunjukkan kualitas tanah buruk ada pada penggunaan lahan hutan sekunder, lahan terbuka, dan semak belukar. Untuk kualitas tanah sedang berada pada penggunaan lahan pemukiman, perkebunan karet, dan kebun campuran. Sedangkan untuk kualitas tanah baik berada pada penggunaan lahan perkebunan kelapa sawit.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul pemetaan kualitas tanah menurut tipe penggunaan lahan di desa tepian baru kecamatan bengalon kabupaten kutai timur
Pengarang M. BAYU ISWAHYUDI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MBA p 2022
Subyek Kualitas tanah, pemetaan, tipe penggunaan lahan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua