Detail Cantuman Kembali
LISA - Personal Name

Rehabilitasi Pengguna Narkoba (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Tanah Merah Samarinda)

Lisa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Bagaimanakah proses pelaksanaan rehabilitasi yang dilakukan oleh Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) pada pengguna narkoba di Balai Rehabilitasi Tanah Merah Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Moh. Bahzar,. M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Dra. Marwiah,. M.Pd selaku pembimbing II .
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan rehabilitasi yang dilakukan oleh Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) pada pengguna narkoba di Balai Rehabilitasi Tanah Merah Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan stusi kasus . Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rehabilitasi yang dilakukan oleh Balai Rehabilitasi serta sarana dan prasana penunjang yang dimiliki sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), proses Pendidikan karakter dan moralyang dilakukan balai rehabilitrasi dibantu dengan pembinaan mental seperitualdan keagamaan yang diberikan kepada klien untuk proses pemulihan yang lebih efektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai untuk para klien dan juga membantu dalam proses pemulihan dan sudah memenuhi standar operasional prosedur (SOP), dengan adanya pendidikan karakter dan moral ini klien bisa menjadi lebih terarah dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat sehingga penyimpangan dalam segala aspek kehidupan bisa menjadi minim. Pembinaan dalam balai rehabilitasi sangat perlu dilakukan terutama dalam mental spiritual dan keagamaan pembinaan ini tentunya bisa menjadi bekal klien dalam menjalankan kehidupan di masyarakat dengan baik dan dapat diterima Kembali oleh masyarakat sekitar dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya, dan juga akan lebih baik lagi nantinya apabila ada konseling keluarga untuk memotivasi keluarga klien agar lebih mendukung program rehabnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Rehabilitasi Pengguna Narkoba (Studi Kasus di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Tanah Merah Samarinda)
Pengarang LISA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LIS r 2022
Subyek Rehabilitasi, narkoba, sarana dan prasarana,
pembinaan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua