Detail Cantuman Kembali
ASWAN - Personal Name

Pengaruh Konsentrasi garam Terhadap Karakteristik Fisikokimia dan Penerimaan Konsumen Terasi Jeroan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Terasi jeroan ikan merupakan salah satu produk hasil fermentasi dari hasil samping ikan nila dengan konsentrasi garam yang berbeda. Konsentrasi garam pada terasi jeroan ikan nila (Oreochromis niloticus) berpengaruh nyata terhadap penerimaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh garam terhadap karakteristik fisikokimia dan uji kesukaan terasi jeroan ikan nila (Oreochromis niloticus) pada perbandingan dengan kadar garam P1 5%, P2 10%, dan P3 15%. Data Uji kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, dan uji pH dianalisis keragamannya dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dan dilanjutkan dengan Uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Data uji Hedonik dianalisis keragamannya dengan menggunakan uji Kruskal Wallis jika terdapat pengaruh perlakuan akan dilakukan uji lanjut Mann-whitney. Hasil Formulasi terbaik pada terasi jeroan ikan nila (Oreochromis niloticus) dengan kadar garam berbeda diproleh dengan kadar air tertinggi yaitu P1 34,14%, kadar abu P3 3,30%, kadar protein P3 30,87%, kadar lemak P3 2,90, dan pH P3 7,55%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Konsentrasi garam Terhadap Karakteristik Fisikokimia dan Penerimaan Konsumen Terasi Jeroan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Pengarang ASWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ASW p 2022
Subyek Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Pengaruh konsentrasi Garam
Terasi Jeroan, Kadar Proksimat,
Penerimaan konsumen
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Teknologi Hasil perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua