Detail Cantuman Kembali
Faikatul Himma Ali - Personal Name

Peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya

Faikatul Himma Ali, 1502095133, Peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya yang dibimbing oleh Bapak Fareis Althalets, S.Par., MM dan Dr.Muhammad Zaini, M. Si.
Rumah Ulin Arya merupakan salah satu daya tarik wisata yang dinaungi oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Daya tarik ini memiliki beberapa atraksi didalamnya seperti mini zoo, kolam renang, arena out door dan wahana menarik lainnya. Namun karena jauhnya lokasi wista ini dari pusat kota dan masih perlu promosi oleh pihak pemerintah yaitu Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan destinasi wisata Rumah Ulin Arya dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan destinasi Rumah Ulin Arya.
Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memproleh data dari key informant, informant dan wisatawan. Fokus penelitian menggunakan teori Pitana dan Gayatri yakni, motivator, fasilitator, dinamisator. Lokasi penelitian Lokasi penelitian yaitu Dinas Pariwisata Kota Samarinda yang terletak di Jl. Dahlia No.69, Bugis, Kec. Samarinda Kota. Dan di destinsi wisata Rumah Ulin Arya yang terletak di Jl. Tlk. Ambulung Jl. Bayur, Batu Desa, Kec Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran dinas sebagai motivator adalah Peran Dinas sebagai Motivator dinilai masih belum maksimal karena adanya wabah Covid-19 yang menyebabkan penundaan kegiatan yang telah direncakan dinas. Peran Dinas sebagai Fasilitator dinilai sudah maksimal. Dengan adanya akses menuju ke tempat wisata yang telah diperbaiki. Dinas selaku Dinamisator masih dinilai masih belum maksimal. Karena Dinasmisator yang dilakukan dinas salah satunya adalah dengan membentuk dan menggerakan pokdarwis masih dinilai kurang dikarenakan belum semua tempat wisata ikut serta.Untuk memajukan tempat wisata di Samarinda termasuk Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya maka diperlukan kerjasama pihak pengelola dan juga dari pemerintah terkait yaitu Dinas Pariwisata Kota Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya
Pengarang Faikatul Himma Ali - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAI p 2022
Subyek Peran dinas , destinasi wisata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua