Detail Cantuman Kembali
Miftakhul Jannah - Personal Name

Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Gunung Putih Oleh Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Bulungan

Miftakhul Jannah, 1502095136, Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Gunung Putih Oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bulungan yang dibimbing oleh Bapak Fareis Althalets, S.Par., MM dan Dr. Muhammad Zaini, M.Si. Wisata Alam Gunung Putih merupakan salah satu daya tarik wisata yang dikelola oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata di Kabupaten Bulungan.
Wisata Alam ini merupakan batu seperti relief yang berbentuk gunung tinggi berwarna putih yang memiliki suasana yang masih asri dan udara yang segar. Namun sekarang wisata alam ini sudah sepi pengunjung dikarenakan kurangnya atraksi wisata dan fasilitas yang kurang lengkap dan tidak terawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan daya tarik Wisata Alam Gunung Putih oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bulungan dan mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pada Wisata Alam Gunung Putih.
Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data dari key informan, informan dan wisatawan. Fokus penelitian menggunakan teori Sunaryo yakni attractions, accessibility, amenities, ancillary service dan institutions. Lokasi penelitian ini terletak di Tanjung Palas Kabupaten Bulungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata alam Gunung Putih memiliki potensi untuk dikembangakan lagi dengan menambah sumber daya manusia, kegiatan wisata dan fasilitas pendukung yang masih kurang di wisata alam Gunung Putih. Dinas Pariwisata merencanakan pengembangan daya tarik wisata melalui amenities yaitu melakukan perbaikan fasilitas yang telah tersedia dan menambah lagi tempat sampah dibeberapa titik. Kemudian untuk attractions adalah menambah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung di Gunung putih seperti melakukan pagelaran seni, tari-tarian dan membuat area perkemahan, flying fox atau wahana menarik lainya. Selain itu aksesbilitas menuju tempat wisata sudah cukup baik dan Dinas Pariwisata akan menambah petunjuk jalan di wisata alam Gunung Putih agar wisatawan lebih mudah menelusuri Gunung Putih. Hal-hal yang menjadi penghambat dalam pengembangan daya tarik wisata adalah anggaran dana dan sumbangsih masyarakat sekitar yang masih kurang sadar mengenai potensi yang dimiliki wisata alam Gunung Putih.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Gunung Putih Oleh Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Bulungan
Pengarang Miftakhul Jannah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIF s 2022
Subyek Strategi Pengembangan, Daya Tarik Wisata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua