Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Pasien Poli Umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda
Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menjadi ujung tombak dalam melaksanakan jaminan mutu. Puskesmas dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan loyalitas pasien/konsumen (pelanggan) dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasaan pasien meningkat dan melakukan kunjungan ulang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pada pasien poli umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dengan cara memberi seperangkat pernyataan tertulis kepada responden dengan sampel sebanyak 129 pasien yang melakukan pelayanan kesehatan. Variabel penelitian ini dianalisa dengan menggunakan uji Chi Square. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien yang terdiri dari 5 unsur yaitu, tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), responsiveness (daya tanggap), emphaty (jaminan). Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu minat kunjungan ulang pasien. Berdasarkan hasil yang didapat di lapangan dan yang telah diuji terdapat 118 pasien (91,5%) yang akan melakukan minat kunjungan ulang dan 11 pasien (8,5%) yang tidak minat kunjungan ulang di Poli Umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Kesimpulan penelitian ini yaitu variabel yang tidak memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang adalah variabel tangible (daya tanggap), reliability (kehandalan), emphaty (empati). Sedangkan pada variabel assurance (jaminan) dan variabel responsiveness (daya tanggap) memiliki hubungan terhadap minat kunjungan ulang dengan p value pada kedua variabel adalah < 0,05 yang artinya Ho ditolak
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Pasien Poli Umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Yunita Salsabilla Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUN h 2022 |
Subyek | Persepsi Pasien, Kualitas Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Kesehatan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY