Detail Cantuman Kembali
Yunita Salsabilla Sari - Personal Name

Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Pasien Poli Umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda

Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang menjadi ujung tombak dalam melaksanakan jaminan mutu. Puskesmas dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan loyalitas pasien/konsumen (pelanggan) dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasaan pasien meningkat dan melakukan kunjungan ulang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pada pasien poli umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dengan cara memberi seperangkat pernyataan tertulis kepada responden dengan sampel sebanyak 129 pasien yang melakukan pelayanan kesehatan. Variabel penelitian ini dianalisa dengan menggunakan uji Chi Square. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien yang terdiri dari 5 unsur yaitu, tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), responsiveness (daya tanggap), emphaty (jaminan). Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu minat kunjungan ulang pasien. Berdasarkan hasil yang didapat di lapangan dan yang telah diuji terdapat 118 pasien (91,5%) yang akan melakukan minat kunjungan ulang dan 11 pasien (8,5%) yang tidak minat kunjungan ulang di Poli Umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Kesimpulan penelitian ini yaitu variabel yang tidak memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang adalah variabel tangible (daya tanggap), reliability (kehandalan), emphaty (empati). Sedangkan pada variabel assurance (jaminan) dan variabel responsiveness (daya tanggap) memiliki hubungan terhadap minat kunjungan ulang dengan p value pada kedua variabel adalah < 0,05 yang artinya Ho ditolak

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Pasien Poli Umum Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda
Pengarang Yunita Salsabilla Sari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUN h 2022
Subyek Persepsi Pasien, Kualitas Pelayanan,
Minat Kunjungan Ulang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua