Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Quantum Teaching Pada Kelas V Di SDN 001 Sungai Boh 2021/2022
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya niali rata-rata mata pelajaran IPS dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan menonton sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran IPS.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 001 Sungai Boh Malinau Utara., dengan menggunakan Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Model Quantum Teaching pada Kelas V di SDN 001Sungai Boh Malinau Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Sungai Boh Malinau Utara yang sebanyak 31 siswa, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, obsevasi dan dokumentasi. Hasil analisis bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkat hasil belajar IPS materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, di SDN 001 Sungai Boh Malinau Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disusulkan bahwa hasil belajar tiap siklusnya. Hasil belajar siklus I disimpulkan bahwa nilai rata-rata 55 dengan peresentase ketuntasan 45% kemudian di siklus II mengalami peningkatan menjadi 72 dengan peresentase ketuntasan 74%
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Model Quantum Teaching Pada Kelas V Di SDN 001 Sungai Boh 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Noh Jawan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOH p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar IPS Model Quantum Teaching , Model pembelaran Quantum Teaching, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY