HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PEMBELAJARAN DARING
Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal salah satunya adalah sektor pendidikan. Adanya pandemi covid-19 membuat sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus. Pembelajaran secara daring membuat mahasiswa tidak biasa bertemu dengan teman maupun dosen secara langsung dan menimbulkan beberpa masalah seperti kurang mengertinya materi perkuliahan, terkendalanya jaringan, dan membuat bosan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek 100 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan teman sebaya dan kesejahteraan psikologis. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis diterima, yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Sehingga semakin tinggi dukungan teman sebaya maka semakin tinggi juga kesejahteraan psikologisnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PEMBELAJARAN DARING |
---|---|
Pengarang | Maulia Hasnani Rachma - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAU h 2022 |
Subyek | Pembelajaran Daring kesejahteraan psikologis dukungan teman sebaya |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY