Analisis Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat
Tujuan penelitian untuk mengetahui besar biaya, pendapatan, margin pemasaran, saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran ikan nila. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Juli 2021 sampai Juni 2022. Penentuan sampel menggunakan metode Sensus sebanyak 4 orang pembudidaya. Metode Snowball Sampling digunakan untuk mencari saluran pemasaran dan efisiensi dengan jumlah 4 responden. Data utama (primer) diperoleh dari pembudidaya ikan nila dengan cara wawancara menggunakan quisioner. Data dianalisis dengan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan biaya rata-rata dari keseluruhan responden pembudidaya sebesar Rp11.359.817/tahun, keuntungan rata-rata sebesar Rp3.140.183/tahun. Saluran peamasaran adalah saluran tingkat 0 dan saluran tingkat 1. Margin pemasaran yang dihasilkan sebesar Rp6000. Saluran pemasaran ikan nila memiliki nilai efisiensi 83% sehingga dapat disimpulkan saluran pemasaran sudah efisien karena nilai efisiensi lebih dari 50%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat |
---|---|
Pengarang | SAMUEL RIZAL - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAM a 2022 |
Subyek | Budidaya Ikan Nila Analisis Keuntungan, Margin Pemasaran Saluran Pemasaran, Efisiens |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | |
Jurusan | Sosial Ekonomi Perikanan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY