MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) FRAMEWORK TO TEACH EFL IN INDONESIAN SECONDARY EDUCATION LEVEL
CAHYANI, YESI. 2015. Kerangka Kerja Mobile-Assisted Language Learning (MALL) untuk Pengajaran EFL di Tingkat Pendidikan Menengah di Indonesia (Pembimbing Dr. Julia Miller). Samarinda: Tesis. Universitas Mulawarman.
Mobile-Assisted Language Learning (MALL) adalah bagian dari mobile learning yang mempersonalisasi pengalaman belajar bahasa di luar ruang kelas, mempromosikan spontanitas, akses dan interaksi dalam konteks yang berbeda. MALL dianggap sebagai cara baru pembelajaran dimediasi oleh perangkat genggam, portabel, dan ringan. Selama tahun-tahun terakhir, banyak penelitian telah membuktikan bahwa MALL mampu melibatkan dan memotivasi peserta didik di kelas EFL. Penelitian ini berfokus untuk membangun kerangka kerja MALL untuk memenuhi preferensi belajar EFL pada siswa menengah yang disesuaikan dengan kurikulum pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia. Kerangka tersebut didasarkan atas temuan penelitian-penelitian sebelumnya atas persepsi guru dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan MALL, pendekatan pedagogis MALL, dan tantangan yang mungkin muncul dalam pelaksanaannya. Kerangka kerja MALL yang diusulkan memiliki potensi untuk
diterapkan di konteks pengajaran EFL kelas remaja Indonesia. MALL dapat meningkatkan pengalaman EFL remaja, sesuai dengan kurikulum Indonesia dan membantu mendistribusikan teknologi pendidikan ke daerah terpencil. MALL di Indonesia dapat memanfaatkan ponsel, perangkat yang paling populer, atau tablet, perangkat mobile yang disediakan oleh pemerintah untuk daerah pedesaan. Selain itu, desain yang paling praktis dan terjangkau dari MALL dalam situasi Indonesia saat ini adalah pengiriman konten yang melibatkan interaksi kolaboratif antar siswa. Tantangan yang harus dihadapi di Indonesia adalah peran guru meliputi kompetensi guru dalam hal pedagogi, isi pelajaran/kemampuan bahasa inggris guru sendiri, dan teknologi, kemudian pada dukungan kelembagaan, dan terakhirpada biaya keuangan
Kata kunci: mobile-assisted language learning, EFL, Indonesian curriculum, secondary teenage learners
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) FRAMEWORK TO TEACH EFL IN INDONESIAN SECONDARY EDUCATION LEVEL |
---|---|
Pengarang | YESI CAHYANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY