PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN CAMPURAN (DARING DAN LURING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI MATERI BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAMARINDA
Mutiara Rahmah. 2022. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Campuran (Daring dan Luring) terhadap Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Materi Biologi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Samarinda, skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, dibimbing oleh Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd selaku pembimbing 2.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VIII yang memiliki permasalahan hasil belajar yang tergolong cukup rendah pada mata pelajaran IPA selama pembelajaran secara daring dilaksanakan. Sehingga pada saat adanya kebijakan baru dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran campuran (daring dan luring), perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan kognitif tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Discovery learning dalam Pembelajaran Campuran (Daring dan Luring) terhadap Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Materi Biologi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan model Pre-Test Post-Test Control Grup Design dengan populasi penelitian 10 kelas yaitu VIII-1, VIII-2, VIII-3, VIII-4, VIII-5, VIII-6, VIII-7, VIII-8, VIII-9, dan VIII-10, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-7 dan VIII-9 yang dipilih menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata akhir kelas VIII-7 yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik dibandingkan kelas VIII-9 yang tanpa menggunakan model Discovery Learning yaitu 66,57 > 48,73. Data dianalisis menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,004 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Ada pengaruh model Discovery Learning dalam Pembelajaran Campuran (Daring dan Luring) terhadap Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Materi Biologi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Samarinda.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Pembelajaran Campuran (Daring dan Luring), Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN CAMPURAN (DARING DAN LURING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI MATERI BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | MUTIARA RAHMAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUT p 2022 |
Subyek | Pembelajaran Campuran (Daring dan Luring), Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Model Discovery Learning, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY