PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN AJARAN 2021/2022
Penelitian ini terlaksana dikarenakan rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa pada muatan IPA kelas V SDN 007 Sungai Kunjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada Tema “Perubahan Sifat Benda” melalui Model Pembelajaran Quantum teaching pada siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2021/2022”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar muatan IPA pada Tema “Perubahan Sifat Benda” melalui Model Pembelajaran Quantum teaching pada siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 007 Sungai Kunjang yang berjumlah 28 siswa, dan objek penelitian ini adalah hasil belajar muatan IPA siswa menggunakan model Quantum teaching. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus ratarata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran dengan menerapkan model Quantum teaching yang dilakukan, siswa aktif dan antusias, keberanian siswa mulai terlihat saat menyajikan hasil pengamatan dan siswa dapat memahami pelajaran yang telah diajarkan. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi. Pada siklus II terjadi peningkatan dan memperoleh hasil yang memuaskan yaitu 82,1% atau 23 orang siswa yang memperoleh nilai diatas 70 yang dikatakan “Tuntas” dan 17,8% atau 5 orang siswa memperoleh nilai dibawah 70 yang dikatan “Belum Tuntas” dan ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II ini sebesar 82,1%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi Perubahan Sifat Benda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN AJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Hardiyanti Hastuti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HAR p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar IPA, Perubahan Sifat Benda, Model Pembelajaran Quantum teaching |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY