Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covi-19
Kondisi pandemi covid-19 sangat berdampak pada sektor pendidikan. Seluruh proses belajar mengajar dialihkan ke mode daring, sehingga memunculkan banyak permasalahan. Salah satu permasalahan yang muncul yaitu kurangnya antusiasme peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran. Media pembelajaran dianggap sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran selama pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitian ini ialah satu orang guru kimia kelas X dan 100 siswa kelas X di SMKS TI Airlangga Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tervalidasi, dokumentasi hasil belajar perpokok bahasan di semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021, serta wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan selama pandemi covid-19 termasuk dalam kategori Tinggi. Media yang digunakan oleh guru beragam jenisnya seperti power point, video pembelajaran, virtual laboratory, google meet, google classroom, dan quizizz. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa tertinggi yaitu pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru dapat memvisualisasikan sifat abstrak dari ilmu kimia, sehingga pemahaman siswa menjadi lebih dalam dan minat belajar kimia siswa menjadi meningkat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covi-19 |
---|---|
Pengarang | Sholikha Maf'ullah - Personal Name |
No. Panggil | TESIS SHO a 2021 |
Subyek | Hasil Belajar Media Pembelajaran, Respon Siswa Pembelajaran Mode Daring Penelitian Kualitatif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY