Detail Cantuman Kembali
Rionyka Dhy Sanchez - Personal Name

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdoel Moeis Kota Samarinda Tahun 2022

Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pelayanan yang dapat memuaskan pengguna jasa kesehatan. Dalam memutuskan tingkat kepuasannya para pengguna jasa pelayanan kesehatan cenderung memperhatikan petugas serta sarana dan pra-sarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Inche Abdoel Moeis. Desain pada penelitian ini adalah Cross sectional dengan jumlah responden sebanyak 111 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi keberadaan sebesar 0,032, nilai signifikansi ketanggapan sebesar 0,004, nilai signifikansi kenyamanan sebesar 0,021 dan nilai signifikansi tepat waktu sebesar 0.000 dimana nilai p < 0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan. Pada penelitian ini arah hubungan variabel berbanding lurus yang artinya semakin baik mutu pelayanan maka semakin puas pasien. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara keberadaan (availability), ketanggapan (responsiveness), kenyamanan (convinience) dan tepat waktu (timeliness) dengan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Inche Abdoel Moeis. Disarankan pada rumah sakit untuk mengoptimalkan keberadaan petugas, melakukan evaluasi terkait ketanggapan serta sikap yang diberikan petugas dan melakukan evaluasi terkait waktu pelayanan yang dilakukan petugas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdoel Moeis Kota Samarinda Tahun 2022
Pengarang Rionyka Dhy Sanchez - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIO h 2022
Subyek Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan,
Rawat Inap
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua