PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA ONLINE DI SMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL TAHUN AJARAN 2021/2022
Nining Fahilda, 2022. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal berbasis Media Online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini di bimbing oleh Masnurrima Heriansyah, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Yasintha Sari Pratiwi, S.Psi., M.Psi, Psikolog. selaku dosen pembimbing II.
Bimbingan klasikal merupakan strategi layanan yang diberikan oleh guru BK secara terjadwal kepada seluruh peserta didik dalam rangka mencapai perkembangan yang optimal. Dalam rangka mencapai hal tersebut, guru BK harus mengetahui persepsi peserta didik terhadap layanan yang diberikan. Hal ini dikarenakan persepsi peserta didik merupakan proses menanggapi atau menerima layanan yang diberikan oleh guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal berbasis Media Online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berjumlah 225 orang dan sampel yang digunakan berjumlah 122 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian mengenai persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis media online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berada pada kategori sedang atau dalam penafsiran bermanfaat dengan persentase 66% artinya stimulus yang diberikan oleh guru BK berupa layanan bimbingan klasikal berbasis media online bermanfaat untuk sebagian besar peserta didik, indikator dominan paling tinggi yaitu peserta didik mendapatkan informasi yang bermanfaat dari layanan bimbingan klasikal berbasis media online berada pada kategori tinggi atau dalam penafsiran sangat bermanfaat dengan persentase 40% dikarenakan guru BK selalu memberikan materi yang berbeda setiap pemberian layanan bimbingan klasikal, indikator paling rendah yaitu peserta didik mampu menumbuhkan sikap asertif melalui layanan bimbingan klasikal berbasis media online berada pada kategori rendah atau dalam penafsiran tidak bermanfaat dengan persentase 62% dikarenakan guru BK belum memberikan materi yang berkaitan dengan sikap asertif. Disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis media online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berada pada kategori sedang atau ditafsirkan bermanfaat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA ONLINE DI SMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL TAHUN AJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Nining Fahilda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NIN p 2022 |
Subyek | bimbingan klasikal, media online, persepsi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY