Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 110 mahasiswa Universitas Mulawarman yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik dan skala regulasi diri. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan uji korelasi kendall’s tau-b dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 20.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil koefisien korelasi kendall’s tau-b sebesar -0,538 dengan signifikan sebesar 0.000, oleh karena nilai signifikan < 0.050, maka hipotesisnya adalah ada hubungan negatif yang signifikan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 |
---|---|
Pengarang | EVARITAS OKTAVIA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI EVA h 2022 |
Subyek | Prokrastinasi Akademik, Regulasi Diri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY