Desain dan Uji Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Argumentasi dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) pada Materi Larutan Penyangga
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan argumentasi peserta didik di SMA Al-Khairiyah Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan LKPD berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM pada materi larutan penyangga dan menguji validitas LKPD yang dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 3-D (Define, Design, dan Develop) yang diadaptasi dari model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Data pada tahap define diperoleh melalui: (1) analisis awal yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru; (2) analisis konsep yang diperoleh dari silabus mata pelajaran kimia kelas XI; dan (3) analisis tugas yang diperoleh kompetensi dasar materi larutan penyangga. Pada tahap design, rancangan LKPD disusun dengan memuat indikator STEM (Science, Technology, Engineering, dan Math). Desain awal LKPD meliputi: (1) bagian pendahuluan mulai dari sampul hingga petunjuk penggunaan LKPD; (2) kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran; (3) ringkasan materi; (4) kegiatan LKPD; dan (5) lembar jawaban yang merujuk pada indikator keterampilan argumentasi (data, warrant, dan claim). Desain awal LKPD selanjutnya divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pada tahap develop. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM pada materi larutan penyangga dinyatakan sangat valid oleh ahli materi, dan hasil validasi oleh ahli media memperoleh kategori sangat valid, serta hasil validasi oleh praktisi memperoleh kategori sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis keterampilan argumentasi dengan pendekatan STEM dinyatakan valid sebagai media pembelajaran sehingga dapat dilanjutkan ke tahap uji coba kepada siswa untuk mengetahui efektivitas dan kepraktisan dari LKPD.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Desain dan Uji Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Argumentasi dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) pada Materi Larutan Penyangga |
---|---|
Pengarang | Alvindra Ramadhan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALV d 2022 |
Subyek | Larutan Penyangga STEM Lembar Kerja Peserta Didik Keterampilan Argumentasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY