KONTEN KREATIF TIKTOK SEBAGAI SUMBER PENGHASILAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA CREATORS DI KOTA SAMARINDA)
Penelitian ini dilakukan oleh Siti Marfuah Anaafiatin dengan judul “Konten Kreatif TikTok Sebagai Sumber Penghasilan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Creators Di Kota Samarinda)” dibawah bimbingan Rais Abdullah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian konten kreatif TikTok di Kota Samarinda dengan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten yang dibuat creator TikTok di Kota Samarinda, telah sesuai dengan prinsip tauhid, keseimbangan dan tanggung jawab namun ditemukan beberapa ketidaksesuaian pada prinsip kehendak bebas dan
kebenaran. Pada pengelolaannya tidak ada konten yang menyimpang dari ajaran agama, dan kebebasan berekspresi dalam menciptakan karya telah sesuai dengan tatakrama berkonten. Walaupun dalam pengelolaannya pernah merugikan pihak lain tetapi creator telah bertanggung jawab penuh atas kesalahan yang dilakukan. Sedangkan pada prinsip kejujuran para creator telah sesuai etika Islam, walaupun terdapat unsur settingan tetapi tidak sampai menipu dan merugikan pihak manapun.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KONTEN KREATIF TIKTOK SEBAGAI SUMBER PENGHASILAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA CREATORS DI KOTA SAMARINDA) |
---|---|
Pengarang | Siti Marfuah Anaafiatin - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT k 2022 |
Subyek | Etika Bisnis Islam Konten Kreatif TikTok |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Jurusan | EKONOMI SYARIAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY