Detail Cantuman Kembali
FITRIA HAIRUNISA - Personal Name

Analisis Pemahaman Etika Bisnis Islam Berdasarkan Maqashid Syari'ah (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Pengguna Marketplace Shopee)

Penelitian ini dilakukan oleh Fitria Hairunisa dengan judul "Analisis Pemahaman Etika Bisnis Islam Berdasarkan Maqashid Syari'ah (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Pengguna Marketplace Shopee) di bawah bimbingan Ibu Isna Yuningsih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa Ekonomi Syariah pengguna marketplace Shopee mengenai etika bisnis Islam berdasarkan maqashid syari'ah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode analisis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk kemudian dianalisis menggunakan metode kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa program studi Ekonomi Syariah tahun angkatan 2018 pengguna marketplace Shopee. Berdasarkan maqashid syari'ah, dipahami bahwa etika bisnis Islam sebagai maslahat kebutuhan dharuriyat atau kebutuhan pokok. Etika bisnis Islam menyempurnakan upaya pemenuhan kebutuhan mengenai akhlak, sikap atau perilaku, guna menjaga kelangsungan hidup umat, melalui perlindungan terhadap lima unsur pokok kebutuhan, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Kemudian, maslahat kebutuhan hajiyyat atau kebutuhan sekunder dipahami sebagai kegiatan muamalah seperti jual beli yang memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang beragam. Selanjutnya, profesionalitas dalam aktivitas bisnis dipahami sebagai maslahat kebutuhan tahsiniyat yang melengkapi dan memelihara unsur-unsur pokok dalam meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kemaslahatan umat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pemahaman Etika Bisnis Islam Berdasarkan Maqashid Syari'ah (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Pengguna Marketplace Shopee)
Pengarang FITRIA HAIRUNISA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT a 2022
Subyek Kesejahteraan, Maqashid Syariah,
Marketplace Shopee
Etika Bisnis Islam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Ilmu Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua