Detail Cantuman Kembali

PENERAPAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI POTENSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN PADA BURSA EFEK INDONESIA

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan sejak tahun 2015-2019 industri otomotif Indonesia mengalami kenaikan penjualan domestik. Tetapi pada tahun 2020 penjualan domestik menurun drastis. Kegagalan sebuah perusahaan dari faktor eksternal yang mempengaruhi kondisi perusahaan seperti yang terjadi pada tahun 2020 penurunan terbesar terjadi karena Indonesia terkena wabah virus corona (covid19) yang berdampak negatif terhadap perekonomian termasuk pertumbuhan pasar otomotif dalam negeri. Permintaan terhadap produk menurun, dan proses produksi para produsen terganggu bahkan sampai mengalami kerugian. Analisis laporan keuangan perusahaan sangat penting dilakukan untuk meminimalisir adanya resiko kebangkrutan perusahaan. Potensi kebangkrutan dapat diidentifikasi lebih awal menggunakan model prediksi yang dapat memberikan peringatan dini untuk perusahaan yang dirumuskan oleh beberapa ahli salah satunya Altman Z-Score.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebangkrutan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponennya yang listing pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 dengan model prediksi Altman Z-Score. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari 12 laporan keuangan perusahaan dengan teknik analisis model Altman Z-Score Modifikasi.
Hasil penelitian yang dilakukan pada 12 perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 dengan menggunakan model penelitian Altman Z-Score secara rata-rata menunjukkan bahwa 12 perusahaan yang diteliti berada pada zona aman.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI POTENSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN PADA BURSA EFEK INDONESIA
Pengarang Jesyca Veron Vebrianty Soputan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JES p 2022
Subyek Kebangkrutan, Altman Z-Score,
Analisis Laporan Keuangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua