Detail Cantuman Kembali
Rosa Marliza - Personal Name

Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Skala Kecil Di Kelurahan Kuala Samboja Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara

Rosa Marliza, 2022. Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Skala Kecil Di Kelurahan Kuala Samboja Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. (Dibimbing oleh Bambang Indratno Gunawan dan Fitriyana).
Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi pola kearifan lokal dan mengkaji permasalahan masyarakat nelayan skala kecil di Kelurahan Kuala Samboja. Pengambilan data penelitian pada bulan Oktober 2021 di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh informasi adanya pola kearifan lokal yaitu pelaksanaan pesta laut setiap tahun sekali antara bulan oktober atau november, selamatan kapal dan pemanfaatan sumberdaya makanan pada saat melaut. Aturan dan pantangan seperti adanya kesadaran masyarakat nelayan untuk tidak melakukan aktivitas penangkapan di jalur yang telah ditentukan, tidak ada aktivitas penangkapan di setiap hari jum’at karena digunakan untuk beristirahat dan ibadah sholat jum’at bagi masyarakat nelayan, tidak melaut saat ada kerabat yang meninggal dunia, tidak melaut pada saat cuaca buruk. Musim aktivitas penangkapan nelayan bulan januari-april adalah musim selatan yang menghasilkan tangkapan yang banyak dan bulan mei-agustus adalah musim pancaroba kurangnya hasil tangkapan. Teknik dan teknologi menggunakan alat tangkap seperti pancing, jaring trawl, jaring rengge, untuk mengetahui banyaknya hasil tangkapan adalah bertanya terhadap orang terdahulu, melihat permukaan air yang keruh, adanya ikan yang berloncatan ke atas permukaan air, nelayan melakukan kegiatan aktivitas penangkapan biasanya dini hari sampai dengan sore hari. Permasalahan masyarakat nelayan skala kecil seperti larangan lokasi penangkapan ikan, larangan penggunaan alat tangkap, perebutan lokasi penangkapan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Skala Kecil Di Kelurahan Kuala Samboja Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang Rosa Marliza - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ROS k 2022
Subyek Kearifan lokal, Penangkapan, Masyarakat nelayan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua