Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Ekspositori Dalam Meningkatkan Pemahaman Peran Gender Siswa Kelas X TBSM SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda yang memiliki pemahaman peran gender yang rendah. Hal ini dikarenakan siswa belum memiliki pemahaman mengenai peran gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peran gender siswa dan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori, serta untuk mengetahui efektivitas layanan yang diberikan terhadap pemahaman peran gender siswa. Jenis penelitian kuantitatif experiment dengan desain pre-experiment one-group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X TBSM dengan jumlah 15 siswa dan sampel adalah seluruh siswa kelas X TBSM sebanyak 15 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sensus/sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemahaman peran gender. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon dengan bantuan Microsoft Excel dan Statistical Products and Service Solutions (SPSS) Versi 24. Hasil penelitian didapati data bahwa sebelum diberikan perlakuan skor rata-rata sebesar 48%, setelah diberikan perlakuan dengan jumlah skor rata-rata menjadi 69% dan mengalami peningkatan skor rata-rata sebesar 21%. Hasil output test statistic diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001 dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya ada peningkatan pemahaman peran gender pada siswa setelah mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori efektif untuk meningkatkan pemahaman peran gender pada siswa kelas X TBSM SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Ekspositori Dalam Meningkatkan Pemahaman Peran Gender Siswa Kelas X TBSM SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Afifah Azzahrah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AFI e 2022 |
Subyek | Bimbingan Klasikal, Ekspositori, Pemahaman Peran G |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY