Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Tema 7 Subtema 2 melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas II SDN 024 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022
Yunita Sari Hasibuan, 2022, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Tema 7 Subtema 2 melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas II SDN 024 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbing I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. La Djangka, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Tema 7 Kebersamaan, Model Picture and Picture
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar Matematika Tema 7 Kebersamaan tentang pecahan pada siswa kelas II SDN 024 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan Tema 7 melalui model picture and picture pada siswa kelas II di SDN 024 Samarinda Utara”?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan Tema 7 kebersamaan melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas II SDN 024 Samarinda Utara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-B SDN 024 Samarinda Utara yang berjumlah 27 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika tentang pecahan dengan menggunakan model picture and picture. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik.
Data hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika Tema 7 materi pecahan dengan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas II SDN 024 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2021/2022 meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika Tema 7 materi pecahan kondisi awal nilai rata-rata kelas adalah 47,18 (sangat kurang) dan persentase ketuntasan 14,81%. Besar peningkatan hasil belajar siswa dari nilai dasar pra siklus ke siklus I sebesar 38,42% dengan nilai rata-rata kelas 65,31 dan persentase ketuntasan sebesar 40,74%. Besar peningkatan dari nilai dasar pra siklus siklus II sebesar 73,25% dengan nilai rata-rata kelas 81,74 (Baik) dan persentase ketuntasan sebesar 81,48%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Tema 7 Subtema 2 melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas II SDN 024 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | YUNITA SARI HASIBUAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUN p 2022 |
Subyek | Model Picture And Picture Hasil Belajar Matematika, Tema 7 Kebersamaan, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY