EFEKTIVITAS WHATSAPP BERBANTUAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 2 TARAKAN (Materi: Reaksi Kesetimbangan)
Rendahnya hasil belajar peserta didik salah satunya dapat dipengaruhi dari media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas WhatsApp berbantuan video animasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada materi reaksi kesetimbangan di SMA Negeri 2 Tarakan. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA yang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain berkategori sedang, artinya penggunaan media WhatsApp berbantuan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai Effect Size berkategori sangat besar, artinya WhatsApp berbantuan video animasi sebagai media pembelajaran memiliki efek yang sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Respon peserta didik terhadap media tergolong baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp berbantuan video animasi efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada materi reaksi kesetimbangan di SMA Negeri 2 Tarakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS WHATSAPP BERBANTUAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 2 TARAKAN (Materi: Reaksi Kesetimbangan) |
---|---|
Pengarang | Nur Syamsiyah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR e 2022 |
Subyek | Hasil Belajar COVID-19 Pembelajaran Daring N-Gain Effect Size |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY