Evaluasi Kebijakan Penataan Titik Reklame di Kota Samarinda (Studi Kasus:Reklame pada Median Jalan di Kota Samarinda)
Rezky Nur Rahmattullah Putra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas mulawarman, Evaluasi Kebijakan Penataan Titik Reklame di Kota Samarinda (Studi Kasus: Reklame pada Median Jalan di Kota Samarinda) di bawah bimbingan Dr. H. Syahrani, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Dr. Enos Paselle, M.AP selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Penataan Titik Reklame di Kota Samarinda dengan obyek reklame pada median jalan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kebijakan Penataan Titik Reklame pada Median Jalan di Kota Samarinda. Berdasarkan indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu melalui efektivitas, kecukupan, responsivitas dan ketepatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Studi Kepustakaan (Library Research), Penelitian lapangan (Field Work Research) melalui wawancara langsung dengan key informan dan informan, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil evaluasi terhadap Kebijakan Penataan Titik Reklame pada Median Jalan di Kota Samarinda dilihat dari efektivitas (effectivess), kecukupan (adequacy), responsivitas (responsiveness) dan ketepatan (appropriateness) belum cukup berhasil dalam mengatasi permasalahan serta mencapai tujuan yang ditetapkan, memuaskan kebutuhan kelompok-kelompok masyarakat tertentu. Kebijakan yang ada mengenai penataan titik reklame pada median jalan di Kota Samarinda yakni Peraturan Walikota Samarinda Nomor 26 Tahun 2012 ternyata tidak sesuai dengan aturan diatasnya yaitu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 20/PRT/M/2010. Masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki/diatasi baik dari segi kebijakan maupun tata letak reklame dilapangan, agar proses pelaksanaan kebijakan menjadi optimal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Evaluasi Kebijakan Penataan Titik Reklame di Kota Samarinda (Studi Kasus:Reklame pada Median Jalan di Kota Samarinda) |
---|---|
Pengarang | Rezky Nur Rahmattullah Putra - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI REZ e 2021 |
Subyek | Evaluasi, Reklame, Median Jalan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY