Detail Cantuman Kembali

PERANCANGAN ALAT PENGUKUR SUHU DAN pH AIR PADA MEDIA BUDIDAYA

AANG RIDHO MARDINU WANSYAH, 2022. Perancangan Alat Pengukur Suhu dan pH Air pada Media Budidaya (dibimbing oleh Syafei Sidik dan Komsanah Sukarti).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah arduino dapat digunakan sebagai mikrokontroler untuk memantau suhu dan pH air dan bagaimana akurasi sensor dibandingkan alat standar.
Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Padat Karya Sempaja Utara, Samarinda, Kalimantan Timur sejak bulan April 2022. Rancangan dibagi menjadi dua tahap yaitu perancangan perangkat keras dan perancangan perangkat lunak. Analisis data menggunakan Uji t Test Satu Sampel. Perbandingan Alat Rancangan dengan termometer menunjukkan tidak ada perbedaan nyata (t hitung kurang dari t tabel) -0,56 kurang dari 2,07. dengan error 0,97%. Alat rancangan memiliki akurasi yang sangat baik dan dapat digunakan untuk mengukur suhu air.
Perbandingan Alat Rancangan dengan pH meter air menunjukkan tidak ada perbedaan nyata (t hitung kurang dari t tabel) 0,82 kurang dari 2,07. dengan error 0,46%. Alat rancangan memiliki akurasi yang sangat baik dan dapat digunakan untuk mengukur pH air.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANCANGAN ALAT PENGUKUR SUHU DAN pH AIR PADA MEDIA BUDIDAYA
Pengarang Aang Ridho Mardinu Wansyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AAN p 2022
Subyek Perancangan Alat Pengukur Suhu dan pH Air Pada Med
Perancangan Alat -t
Arduino, Termometer, pH Meter
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua