Detail Cantuman Kembali
ANGEL CHRIS BONITA - Personal Name

PENGARUH EKSTRAK DAUN Matoa (Pometia pinnata) TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA PADA TANAMAN KANGKUNG DARAT(Ipomea reptans poir)

Angel Chris Bonita. 2022. Pengaruh Ekstrak daun matoa (Pometia Pinnata) terhadap Intensitas Serangan Hama Serangga Tanaman kangkung (Ipomoea reptans Poir) di bawah bimbingan Ibu Dr. Sonja V. T. Lumowa, M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes selaku pembimbing II.
Tanaman yang dimanfaatkan pada penelitian ini adalah tanaman daun matoa yang mengandung senyawa kimia seperti flavonoid, saponin, triterpenoid, polifenol dan tanin dimana senyawa ini dianggap berpotensi dalam pembuatan pestisida nabati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun matoa (Pometia Pinnata) terhadap intensitas serangan hama serangga pada tanaman kangkung (Ipomoea reptans Poir) dan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak daun matoa (Pometia Pinnata) yang paling efektif sebagai pestisida pada tanaman kangkung (Ipomoea reptans Poir). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat perlakuan dan lima pengulangan. Parameter yang diukur adalah intensitas serangan hama serangga. Hasil menunjukkan nilai Fhitung setiap waktu pengamatan secara berturut-turut 0,11 (7 HST); 9,12 (14 HST); 6,19 (21 HST), dan 226,50 (28 HST) > Ftabel 5% (3.01) dan 1% 4.77). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian ekstrak daun matoa (Pometia Pinnata) terhadap intensitas serangan hama serangga tanaman kangkung (Ipomoea reptans Poir).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH EKSTRAK DAUN Matoa (Pometia pinnata) TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA PADA TANAMAN KANGKUNG DARAT(Ipomea reptans poir)
Pengarang ANGEL CHRIS BONITA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANG p 2022
Subyek intensitas serangan hama serangga
Ekstrak daun matoa (Pometia Pinnata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua