Detail Cantuman Kembali
Hardina Subarka - Personal Name

Uji Organoleptik Kualitas Minyak Gaharu (Aquilaria malaccensis Lamk.) Hasil Teknik Inokulasi Menggunakan Metode Kupas, Tukak, dan Suntik (Sebagai Penunjang Mata Pelajaran BIologi SMA Kelas XII Materi Bioteknologi)

Hardina Subarka, 2022. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman, Samarinda. Uji Organoleptik Kualitas Minyak Gaharu (Aqualaria malaccensis Lamk). Hasil Teknik Inokulasi Menggunakan Metode Kupas, Tukak, dan Suntik (Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII Materi Bioteknologi). Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Drs. H. Jailani, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji organoleptik kualitas minyak gaharu (Aqualaria malaccensis Lamk). hasil teknik inokulasi metode kupas, tukak, dan suntik. Jenis penelitian ini adalah peneltian deskriptif yang dilaksanakan di Industri Penyulingan Berskala Rumah Tangga Jl. Gerilya No.3 Sungai Pinang Dalam Kota Samarinda. Teknik analisis data menggunakan pencarian nilai rata-rata (mean) yang disajikan dalam bentuk histogram (diagram batang). Hasil analisis data untuk kualitas minyak gaharu (Aqualaria malaccensis Lamk). Hasil Teknik Inokulasi Menggunakan Metode Kupas, Tukak, dan Suntik secara berturut-turut dari segi warna adalah 1.87, 1.67, dan 3.33. dari segi aroma 2.87, 2.00, dan 3.20. dari segi tekstur 2.27, 2.00, dan 2.40. dari segi daya tahan aroma 2.87, 1.73, dan 3.07. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas minyak gaharu yang dikategorikan bagus adalah minyak gaharu Aquilaria malaccensis Lamk. hasil inokulasi metode tukak dengan warna kuning kecokelatan, aroma yang harum, tekstur kurang kental dan aroma yang tahan. Pada metode kupas memiliki warna kuning kecokelatan, aroma kurang harum, tekstur kurang kental, dan aroma yang kurang tahan. Pada metode suntik memiliki warna hijau kecokelatan, aroma yang tidak harum, tekstur kurang kental dan aroma yang kurang tahan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Organoleptik Kualitas Minyak Gaharu (Aquilaria malaccensis Lamk.) Hasil Teknik Inokulasi Menggunakan Metode Kupas, Tukak, dan Suntik (Sebagai Penunjang Mata Pelajaran BIologi SMA Kelas XII Materi Bioteknologi)
Pengarang Hardina Subarka - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAR u 2022
Subyek Organoleptik, Minyak Gaharu, Inokulasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua