Detail Cantuman Kembali
Devy Febriani - Personal Name

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadukan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 11 Samarinda

Devy Febriani, 2022. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadukan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Elsje Theodora M, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Vandalita M. M Rambitan, M.P selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran daring yang pernah dilaksanakan, yaitu guru masih kurang memvariasikan penggunaan model pembelajaranyang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa setelah menerapkan model problem based learning dipadukan mind mapping. Metode penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest postest control group design.
Hasil analisis data untuk kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata hasilnya 83,4% dan kelas kontrol 70,8%. Hasil analisis data untuk kemampuan komunikasi siswa menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata hasilnya 68,8% dan kelas kontrol 57,4%. Hal ini menujukkan adanya pengaruh yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis di dapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) dipadukan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sistem pernapasan di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Samarinda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadukan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 11 Samarinda
Pengarang Devy Febriani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEV p 2022
Subyek Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL),
Mind Mapping, Berpikir Kritis, Komunikasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua