Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadukan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 11 Samarinda
Devy Febriani, 2022. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadukan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Elsje Theodora M, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Vandalita M. M Rambitan, M.P selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran daring yang pernah dilaksanakan, yaitu guru masih kurang memvariasikan penggunaan model pembelajaranyang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa setelah menerapkan model problem based learning dipadukan mind mapping. Metode penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest postest control group design.
Hasil analisis data untuk kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata hasilnya 83,4% dan kelas kontrol 70,8%. Hasil analisis data untuk kemampuan komunikasi siswa menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata hasilnya 68,8% dan kelas kontrol 57,4%. Hal ini menujukkan adanya pengaruh yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis di dapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) dipadukan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sistem pernapasan di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Samarinda
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dipadukan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 11 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Devy Febriani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEV p 2022 |
Subyek | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping, Berpikir Kritis, Komunikasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY