Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Kelas X SMA Negeri 1 Bontang
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan serta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bontang pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan wawancara. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis berupa soal uraian dan wawancara siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesalahan yang dilakukan siswa dianalisis berdasarkan hasil tes belajar siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, yaitu (a) kesalahan membaca (b) kesalahan memahami (c) kesalahan transformasi (d) kesalahan keterampilan proses (e) kesalahan penulisan jawaban dan (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, yaitu (a) siswa kurang menyukai mata pelajaran matematika (b) siswa malas belajar matematika (c) siswa pemalu dan tidak berani untuk bertanya kembali apabila tidak paham (d) siswa tidak menyukai suasana pembelajaran selama online (e) guru saat menjelaskan materi kecepatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Kelas X SMA Negeri 1 Bontang |
---|---|
Pengarang | May Ayu Ariani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAY a 2022 |
Subyek | Kesalahan, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Ti |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY